Deathrow Game by Andi – Part 1

October 19, 2009 at 3:11 am (Uncategorized)

Di suatu tempat di Area 51, terdapat sebuah penjara yang bernama HILT (Human Intelligence Lab Test). Penjara ini menampung kriminal-kriminal paling jenius di dunia yang telah divonis hukuman mati, namun mereka semua diberi kesempatan untuk mengikuti tes ini. Kondisinya: jika mereka SEMUA berhasil melewati tes ini maka mereka akan dibebaskan dan diberi identitas baru, namun jika salah SATU dari mereka gagal, maka mereka akan dihukum mati dengan cara dibakar.

Penjara ini dikontrol oleh sebuah AI yang bernama DHD (Die Humans DIE!) yang fully automatic dan menjalankan tes dengan ketat. Saat ini terdapat 100 peserta penjara (semuanya bisa bahasa Indonesia) dan inilah TES PERTAMA:

 

TES PERTAMA:

Anda adalah salah satu dari peserta penjara HILT ini. Suatu hari pintu sel Anda, dan juga pintu sel para napi yang lain terbuka dan Anda semua dikumpulkan di sebuah ruangan yang sama.

Di ruangan tersebut, sebuah bola besar bermata merah bernama DHD mengeluarkan sebuah perintah.

“Pada pagi esok hari Anda semua akan dikumpulkan di ruangan ini. Setiap napi akan diberikan topi kupluk yang berwarna Merah atau Biru. Lalu kalian akan dibariskan dan dikenakan borgol sehingga yang bisa kalian lihat hanyalah topi milik napi-napi yang berada di depan kalian, namun tidak bisa melihat topi kalian sendiri maupun orang belakang. Setiap napi dilarang melihat kebelakang atau meraba topi mereka sendiri.

Setelah itu mikrofon akan diberikan kepada setiap orang mulai dari yang paling belakang untuk menyebut sebuah warna. Setiap orang berhak menyebut warna apapun yang memiliki konsekuensi sendiri. Jika warna yang disebut sesuai dengan warna topi orang tersebut (warna topi merah dan orang tersebut menyebut merah) maka dia akan dipisahkan untuk maju ke stage 2. Jika dia salah (warna topi merah dan orang tersebut menyebut biru, hijau, dst) maka semua orang akan dibakar setelah game selesai.

Jika kalian semua menyebut warna yang benar, maka kalian semua akan menuju stage 2. Jika salah satu dari kalian salah, maka kalian semua akan dibakar setelah game selesai. Namun karena ini adalah tes pertama saya akan memberikan pengecualian. Saya hanya akan menyatakan kalian semua gagal jika ada lebih dari 1 orang yang salah menyebut warna topinya, artinya orang pertama yang salah akan dimaafkan. Namun jika ada orang kedua yang salah maka kalian semua akan dibakar setelah game selesai.

Mikrofon akan mengeraskan suara setiap orang sehingga dapat didengar oleh semua napi. Setiap napi hanya boleh menyebut 1 kata warna. Tidak boleh melihat kebelakang atau meraba topi sendiri. Jumlah kata berlebih dan pelanggaran lain akan menyebabkan kegagalan tes. Selamat bermain besok. Hari ini Anda berhak berdiskusi sesama napi.”

Setelah itu komputer DHD membawakan sup untuk masing-masing napi. Namun Anda dan para napi lain tidak memiliki nafsu makan. Anda takut menjalankan tes besok. Kira-kira strategi apakah yang akan Anda usulkan kepada napi yang lain agar kalian semua bisa melewati TES PERTAMA?

Petunjuk:

-Anda harus mengusulkan untuk bisa menyebutkan warna topi masing-masing sekaligus menyebutkan petunjuk mengenai topi napi yang lain dalam 1 kata saja.

-Hanya butuh 99 orang menebak benar untuk lolos tes.

 

Jawaban akan diberikan di comment 2 hari kemudian.

Advertisements

7 Comments

  1. Marco said,

    si orang pertama liat.. ada X topi merah dan Y topi biru!
    terus dia gagal tapi diampuni, sisanya tinggal menghitung saja.
    gmn bener gak? 😀

    • sinister6 said,

      Ga boleh, soalnya semua orang cuma bisa nyebut 1 kata dan kata itu harus berupa warna.
      “Kalo X topi merah Y topi biru” itu kan 7 kata –> mati mereka semua

      Ada solusi lain?^^

  2. whiskas said,

    gampang lah, yang pertama bilang merah.
    kalo salah, yang kedua pasti merah.
    terus yang ketiga pasti biru…

    susah amat.

    • sinister6 said,

      Ngga gitu lah
      kalo gitu mah 50:50 bgt
      suram nasib mereka semua.

  3. sinister6 said,

    Kuncinya ada di kata yang disebut orang pertama

  4. Ifad Ardin said,

    Gw tertarik buat melihat akhir dari teka teki ini. Hahaha

  5. sinister6 said,

    Oke, ini jawabannya:

    -Buat persetujuan bahwa siapapun yang besok terpilih untuk menjadi orang yang berada di barisan terakhir untuk menyebut “Merah” jika jumlah topi merah yang dia lihat di depannya ganjil dan “Biru” jika jumlah topi merah yang dia lihat di depannya genap.
    -Orang kedua tinggal melihat jumlah topi merah yang ada di depannya dan menyebut warna topinya menggunakan petunjuk yang diberikan oleh orang pertama. Jika orang pertama menyebut merah (berarti ada ganjil topi merah) dan orang kedua melihat jumlah topi merah genap, berarti warna topinya merah, dan sebaliknya.
    -Orang selanjutnya tinggal menghitung saja jumlah topi merah yang tersisa, ganjil atau genap dan menyebut warna topi masing-masing
    -bisa dipastikan 99 orang lolos (asal ga ada orang tolol yang salah hitung) dan orang pertama memiliki 50% kemungkinan benar.
    -Sekalipun orang pertama salah dia akan diampuni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: