Deathrow Game By Andi – Part 3 > Freedom or Die

October 19, 2009 at 4:26 am (Uncategorized)

Anda dan napi-napi yang lain (total 100 orang) berada di lantai 3, satu lantai lebih dekat menuju kebebasan, setelah minggu lalu berhasil melewati tes kedua. Anda kini sedang menunggu tes ketiga. Inilah kisah di dalam penjara bawah tanah HILT.

 

Hari itu Anda sedang bermalas-malasan di dalam penjara ketika pintu penjara secara serentak terbuka. Anda tahu apa artinya. Inilah saatnya TES KETIGA:

“Selamat datang.” Kata DHD. “Ini adalah tes ketiga. Cuaca di luar sedang hujan, walaupun kalian tidak bisa melihatnya. Tes ketiga akan dimulai besok. Kalian semua akan ditempatkan di sel terpisah yang kedap suara dan vakum antar sel, sehingga kalian tidak bisa berkomunikasi satu sama lain. Sel tersebut akan tersusun melingkar dan memiliki 1 jendela di pintu setiap sel, sehingga kalian dapat melihat pintu setiap sel lainnya milik teman-teman kalian.

Hanya saja kaca jendela yang ada di setiap sel merupakan kaca 1 arah, kalian tidak bisa melihat apa yang teman-teman kalian lakukan di balik kaca tersebut. Hal ini untuk menghindari anda berkomunikasi satu sama lain.

Kemudian pintu setiap sel akan diberi gambar Smiley yang berwarna Hitam atau Putih. Anda akan dapat melihat pintu semua sel teman-teman Anda dan warna Smiley apa yang terdapat di sel tersebut tapi tidak dapat melihat warna Smiley di pintu sel Anda sendiri.

Anda memiliki dua buah tombol yang berada di dalam sel. Satu berwarna Hitam dan satu lagi Putih. Anda hanya memiliki kesempatan SATU kali untuk menekan SEBUAH tombol. Jika Anda telah mengetahui warna Smiley pintu sel Anda maka tekanlah tombol warna tersebut. Jika semua tahanan menekan tombol yang benar, maka Anda semua akan bebas, namun jika salah satu menekan tombol yang salah maka kalian semua akan dibakar. Jika seseorang menekan tombol yang benar, maka lampu yang ada di pintu sel napi sersebut akan menyala permanen, yang menandakan bahwa dia telah mengetahui warna Smiley selnya dan telah menekan tombol yang benar. Lampu ini dapat dilihat semua napi.

Anda akan diisolasi selama 100 hari untuk tes ini. Tes ini dinyatakan gagal jika dalam 100 hari ada napi yang tidak berhasil menebak warna Smiley pintunya sendiri, atau jika ada yang salah menebak warna pintunya. Tombol di masing masing sel hanya dapat ditekan setiap hari pukul 11 sampai 12 siang. Petunjuk mengenai jumlah Smiley putih akan diberitahukan pada hari pertama tes dimulai.

Menu makan malam hari ini adalah sup, ayam bakar, dan kue coklat. Hal ini penting untuk motivasi kalian besok, karena selama tes ketiga berlangsung makan malam kalian hanyalah telur dadar dan air putih 3 kali sehari di dalam ruang isolasi. Ini adalah tes terakhir yang menentukan kebebasan kalian. Jika kalian lulus tes ini kalian akan dibebaskan dan diberi identitas baru. Selamat berdiskusi hingga jam 10.”

DHD pun pergi dan makan malam datang. Anda dan teman-teman napi Anda makan dengan lahap, mengetahui bahwa ini adalah tes terakhir dan sepertinya MUDAH. Bukankah DHD telah berkata bahwa petunjuk mengenai jumlah Smiley putih akan diberikan besok? Bukankah logikanya mudah (Jika Anda melihat Smiley putih 34 buah dan DHD menyebut ada 35 Smiley Putih maka warna Smiley pintu Anda adalah putih bukan? Atau jika DHD menyebutkan ada 50 Smiley putih dan Anda melihat 50 Smiley putih maka Smiley Anda adalah hitam?)?

Anda pun menghabiskan waktu Anda malam itu bermain tebak kata bersama napi yang lain. Satu-satunya strategi yang disepakati adalah bahwa setiap orang HARUS segera menekan tombolnya ketika ia yakin akan warna selnya sehingga cepat bebas. Waktu menunjukkan pukul 10 malam dan semua dikembalikan ke selnya.

 

Besok pagi semua orang dimasukkan ke sel isolasi masing-masing. Anda segera menghitung dan melihat adanya 72 Sel yang memiliki Smiley Putih dan 27 yang memiliki Smiley Hitam. Anda tidak tahu warna Smiley sel Anda. Setelah semua orang masuk, DHD keluar.

“Petunjuk hari ini adalah.” Kata komputer DHD. Anda terdiam, menunggu…

“Setidaknya 1 sel memiliki Smiley Putih. Tes ketiga dimulai.”

 

Bangsat. Mampus. Petunjuk macam apa itu? Suramlah kita semua.

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk bebas? Pada hari keberapa?

Petunjuk:

-Semua napi di sel itu adalah napi yang logis dan mengetahui bahwa mereka semua logis (IQ minimal 125)

-Berpikirlah menurut perspektif orang lain

 

Jawaban akan dipost di comments 2 hari kemudian.

Advertisements

5 Comments

  1. rdrakennedy said,

    ga ngerti……………….
    suram…………………..
    ngeri…………………….

  2. rdrakennedy said,

    hm………………
    i think i know the anwer…………..

    let’s say i will post my answer in the third day of this post
    see ya……………………………………..

  3. sinister6 said,

    Kalau ada yg kesusahan nih ada hint dikit…

    -Ingat bahwa ini adalah ruang isolasi, namun anda bisa berkomunikasi dengan LAMPU pintu yang menyala permanen jika orang di dalam sel menekan tombol yang benar
    -“Setidaknya ada 1 sel memiliki Smiley putih” sama dengan jumlah Smiley putih >= 1

  4. sinister6 said,

    jawaban untuk tes ketiga:

    Coba bayangkan seandainya game ini diikuti 10 orang dengan 9 smiley hitam dan 1 smiley putih.
    Setidaknya 1 sel memiliki smiley putih
    > maka hari itu juga orang yang bersmiley putih akan mengetahui warnanya sendiri dan menekan tombol.

    Coba bayangkan seandainya game ini diikuti 10 orang dengan 8 smiley hitam dan 2 smiley putih.
    Setidaknya 1 sel memiliki smiley putih
    > Maka orang yang bersmiley putih akan melihat smiley putih yang lain, dan tidak menekan tombol.
    Tapi besoknya mereka akan melihat bahwa orang yang memiliki smiley putih yang lain tidak menekan tombol kemarin, maka smiley mereka berwarna putih, dan mereka berdua akan menekan tombol pada hari kedua.

    Coba bayangkan seandainya game ini diikuti 10 orang dengan 7 smiley hitam dan 3 smiley putih.
    Setidaknya 1 sel memiliki smiley putih
    > ketiga orang yang memiliki smiley putih akan menekan tombol mereka pada hari ketiga

    LOGIKA INDUKTIF:
    Jika ada n smiley putih maka pada hari ke n yang memiliki smiley putih akan menekan tombol mereka

    Jadi JAWABANNYA:
    -Tunggu sampai hari ke 72.
    -Jika pada hari ke 72 tidak ada yang menekan tombol, berarti warna smiley sel anda adalah putih, tekan tombol putih pada hari ke 73. Jika pada hari ke 72, 72 orang menekan tombol putih, tekan tombol hitam pada hari ke 73.

    SELESAI^^

  5. Ifad Ardin said,

    Gw masih ga ngerti soal jawabannya. Kalo kita sebagai smiley hitam dan neken tombol di hari ke 73, terus atas dasar apa orang orang smiley putih bakal neken tombol di hari ke 72. Sementara kalo kita jadi orang bersmiley putih kita bakal neken tombol di hari ke 73?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: